Leaked Android Nougat Beta Akan Mendarat di Huawei P9, Benarkah?

Belum lama ini terdapat rumor yang cukup mengejutkan mengenai sistem operasi Android terbaru yakni Android N atau Nougat. Pasalnya santer dikabarkan bahwa perangkat pertama yang akan menggunakan firmware terbaru dari Google tersebut adalah perangkat yang dikembangkan oleh pihak Google seperti Nexus.

Leaked Android Nougat Beta Akan Mendarat di Huawei P9, Benarkah?

Screenshot Android Nougat Huwei P9 dari XDA | Source by : GSMArena

Bahkan Nexus sendiri diketahui sudah lebih dahulu mendapatkan versi Developer Preview Bulids atau versi firmware beta untuk pengembangan. Dan memang tidak hanya Nexus, namun diketahui terdapat juga beberapa developer lain yang mendapatkan preview untuk Android N tersebut. Salah satunnya kemungkinan produsen gadget asal Tiongkok ini yakni Huawei.

Bocoran tersebut kabarnya berasal dari salah saorang yang bekerja di produsen Huawei, bahwa akan terdapat versi OTA untuk varian ponsel unggulan mereka yakni Huawei P9. Bahkan beberapa waktu yang lalu juga diketahui terdapat postingan mengenai link download OTA Android Nougat untuk smartphone Huawei P9.

Advertisement

Adapun beberapa fitur yang berubah antara lain seperti Multi-user Support, Optimized Interactive Gestures, Huawei ROG Power Saving, General Optimized, hingga detail untuk Changelog. Akan tetapi, kabarnya hal tersebut bukanlah merupakan update rilis final Android Nougat untuk smartphone Huawei P9.

Karena firmware tersebut masih memiliki kemungkinan yang sangat besar dalam mengalami bug hingga error. Selain itu, versi final dari sistem operasi Android Nougat untuk Huawei P9 tersebut akan selesai dalam jangka waktu yang berbeda dari versi beta. Bahkan prediksi waktunya sendiri disebutkan akan terpaut jauh dan tidak terprediksi.

Maka dari itulah bagi Anda yang ingin melakukan pembaharuan firmware pada perangkat Huawei P9 menggunakan Android Nougat harus mempertimbangkannya dengan baik. Karena tidak menutup kemungkinan jika Anda akan terjebak dalam kendala yang sudah disebutkan di atas tadi.

Karena Huawei sendiri sepertinya masih membutuhkan waktu untuk merilis versi OTA, yang dipastikan sudah berada dalam tahap final. Selain itu, update firmware pada Huawei tersebut juga diketahui membutuhkan cara tersendiri. Namun diketahui untuk melakukan pembaharuan, perangkat tidak diharuskan dalam kondisi unlock bootloader.

Karena file update yang berbentuk ekstensi zip tersebut dapat disimpan terlebih dahulu pada memori internal/storage atau pada kartu memori tambahan micro-SD. Setelah itu baru lakukan proses instal firmware dengan memasuki opsi Project Menu pada Dialer. Semoga menjadi informasi yang membantu dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Advertisement
Leaked Android Nougat Beta Akan Mendarat di Huawei P9, Benarkah? | Kesuma | 4.5