Mengenal Helio X30, Chipset Procesor Gahar Terbaru dari Mediatek

Seolah tak ingin tertinggal dari brand chipset procesor lainnya, akhirnya Mediatek kembali memperkenalkan salah satu produk chipset procesor terbaru mereka yakni Helio X30. Setelah sebelumnya sukses dengan chipset procesor terbaru mereka yakni Helio X20 dan Helio X25, Mediatek pun kembali mengembangkan salah satu produk terbaru.

Mengenal Helio X30, Chipset Procesor Gahar Terbaru dari Mediatek

Chipset Procesor Mediatek Terbaru Helio X30

Diketahui bahwa chipset tersebut memang kerap digunakan oleh produk smartphone dengan kelas menengah ke atas dan premium. Teknologi yang diusung oleh chipset procesor terbaru dari Mediatek tersebut sebenarnya tidak berbeda jauh dari pendahulunya. Namun terdapat beberapa teknologi yang lebih dikembangkan sehingga menjadi chipset yang lebih unggul.

Chipset procesor Mediatek Helio X30 ini juga kembali dibagi menjadi tiga cluster yang berbeda-beda. Namun masih tetap sama seperti pendahulunya, yakni masih mengusung teknologi 10 inti procesor. Untuk procesor Mediatek Helio X30 ini kabarnya akan tersedia dalam teknologi Quad Core dan Dual Core.

Advertisement

Namun kabarnya speed atau tingkat kecepatan procesor yang akan dimiliki disinyalir lebih tinggi dari pada para pendahulunya. Sebut saja untuk varian yang paling tinggi atau extreme performance, Mediatek Helio X30 tersebut akan memiliki kecepatan hingga 2.8GHz dengan teknologi Quad Core ARM Cortex-A73.

Adapun untuk kelas menengah, Mediatek Helio X30 ini juga ada yang memiliki teknologi Quad Core ARM Cortex-A53 namun dengan kecepatan 2.2GHz. Sedangkan untuk yang paling rendah, Mediatek Helio ini juga tersedia dalam teknologi Dual Core ARM Cortex-A53 yang memiliki kecepatan 2.0GHz.

Akan tetapi, setiap kecepatan pada chipset procesor terbaru dari Mediatek tersebut diketahui memang lebih cepat jika dibandingkan dengan para pendahulunya. Selain itu, chipset Mediatek Helio X30 ini juga kabarnya dibuat dengan menggunakan teknologi manufaktur 10nm dari TSMC yang membuat chipset memiliki keunggulan tersendiri.

Sehingga chipset Mediatek terbaru tersebut dipastikan akan lebih efisien serta irit dalam mengkonsumsi daya pada baterai gadget. Selain itu, teknologi tersebut juga membuat chipset procesor ini menjadi lebih dingin sekalipun saat berkerja secara optimal. Maka dari itulah mengapa chipset procesor ini pada nantinya akan mampu bersaing ketat di pasaran.

Bahkan persaingan ketat tersebut kabarnya akan terjadi diantara chipset-chipset ternama seperti Exynos dari Samsung serta Qualcomm Snapdragon. Mediatek Helio X30 ini juga kabarnya akan mengusung chipset GPU PowerVR 7XT dengan teknologi Quad Core, dan mampu mengoperasikan memori RAM hingga kapasitas maksimum 8Gb. Sangat fantastis bukan?

Advertisement
Mengenal Helio X30, Chipset Procesor Gahar Terbaru dari Mediatek | Kesuma | 4.5